Minggu, 05 September 2010

Sentuhan Alami bagi Sang Buah Hati

ASI, Imunitas, dan Perkembangan Kecerdasan Buah Hati

KEMBALI, RS Meilia Cibubur mengadakan seminar mengenai ASI (air susu ibu) dan kepentingan Ibunda dalam pemberian asupan nutrisi terbaik bagi sang buah hati. Hal itu selaras dengan program pemerintah untuk menggalakkan program ASI Ekslusif 6 Bulan.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Auditorium Lantai 3 RS Meilia Cibubur tersebut, terselenggara berkat kerjasama antara RS Meilia dan Mothercare. Hadir sebagai narasumber dr Handarmi SpA yang mengangkat tema mengenai Sentuhan Alami bagi Sang Buah Hati pada Rabu (27/7).

Seminar melibatkan lebih 60 peserta yang begitu antusias memperdalam wawasan mengenai lingkup pemberian ASI dan manfaatnya. Salah satu hal yang mengemuka adalah hubungan antara pemberian ASI dan sistem kekebalan tubuh serta tingkat kecerdasan.

Menurut dokter spesialis anak RS Meilia dr Handarmi SpA, ASI secara natural menjadi sarana, untuk dapat mengurangi kendala alergi yang kerap dihadapi bayi.

”Selain itu, ASI juga membantu mencegah secara efektif dan aktif dalam mengatasi masalah penularan infeksi yang rentan dialami bayi. Dengan demikian, ASI membantu ibu dalam memberikan proteksi bagi si bayi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya,” terangnya.

Selanjutnya, dr Handarmi SpA menambahkan berdasarkan penelitian, diketahui bahwa bayi yang diberi ASI versus susu formula, maka IQ-nya akan lebih besar 3.2 point.

Oleh karena itu, lanjut dokter penggiat inisiasi ASI tersebut, kendala karir dan pekerjaan harusnya dapat disiasati dalam pemberian ASI bagi si bayi.

Untuk hal ini, maka pemberian ASI juga harus diatur dalam satu tata kelola atau dikenal dengan manajemen ASI. Pada saat cuti melahirkan, harus dapat dimanfaatkan dengan memberikan sesering mungkin ASI kepada buah hati, dan jangan mulai memberikan makanan lain, termasuk melakukan proses pengeluaran ASI di pagi hari sebelum bekerja sebagai cadangan simpanan. (YH)

(Sumber : Tabloid Cibubur Aktual / Edisi 30 / Tahun III / Agustus - September 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar